Sabtu, 17 Desember 2011

konsep teknologi informasi

MAKALAH KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI



Oleh
Adi saputra












AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
DIAN CIPTA CENDIKIA (DCC)
BANDAR LAMPUNG
2011


A. PENGERTIAN KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INDORMASI


Komputer.
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan
mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan
dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Sistem Komputer
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk
menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer
system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,
demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada
manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
a. SIM terutama melayani fungsi perencanaan, pengendalian, dan
pengambilan keputusan di tingkat manajemen
b. SIM merangkum dan melaporkan operasi-operasi dasar dari Unit Kerja
B. Perangkat Keras
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama,
yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang
melakukanpemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi
komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu
ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor
biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh :
jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan
pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8
detik.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi
dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM.
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program
biner secara permanen. Contoh memori sekunder : floppy, harddisk,
CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll.
3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai
penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi
menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer
untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
1) keyboard, - mouse, - touch screen, - scanner, - camera, - modem,
2) network card, - dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer
untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan :
1) Monitor, - Printer, - Speaker, - Plotter, - Modem
20 network card, - dll
C. Perangkat Lunak
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan
komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau
dengan pengguna.
Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi),
Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai
distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai
perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk,
manajemen hardisk, dll Contoh produk program utilitas : Norton Utilities,
PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi
perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan
umum, seperti :
a. pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect,
AmiPro, openoffice.org dll
b. pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
c. presentasi : MS PowerPoint, Open Presentation, dll
d. desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, GIMP, dll
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan
atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat
diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.
Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan
‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa
assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap
instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog,
Java HTML, PHP, dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti
perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan
generasi.
6. Lisensi perangkat lunak, perangkat lunak yang umum digunakan saat ini
adalah perangkat lunak berlisensi artinya jika kita menggunakan atau
menjalankan aplikasi pada flatform tertentu maka harus membayar lisensi
kepada pembuat perangkat lunak tersebut. Contoh perangkat lunak
berlisensi adalah microsoft dengan Windows dan MS Officenya. Perangkat
lunak berlisensi hanya menjual ecexutable program, source code mejadi hak
penuh pembuat program. Selain perangkat lunak berlisensi, saat ini juga
terdapat perangkat lunak yang diedarkan tanpa lisensi atau dikenal dengan
istilah GPL (General Public Lisence) yang gratis dan dapat didownload dari
internet. Dengan GPL kita dapat membuat, merubah, menjual, dan
mendistribusikan perangkat lunak tersebut tanpa harus meminta izin atau
membayar kepada pembuatnya. Perangkat lunak GPL yang meyertakan
source codenya disebut Open Source, contoh perangkat lunak open
source/GPL : LINUX, Open BSD, Free UNIX dll
7. Aplikasi Database Relasional
RDBMS (Relational Database Management System) merupakan satu paket
perangkat lunak yang menyediakan berbagai layanan untuk perancangan,
penggunaan, dan pemeliharaan basisdata relasional.
Beberapa kapabilitas umum dari produk RDBMS modern di antaranya
adalah
a. Antarmuka dengan pengguna
b. Pemeliharaan integritas basisdata
c. Pemeliharaan keamanan basisdata
d. Backup dan recovery
e. Pengendalian akses konkuren, dll
f. Contoh produk RDBMS modern : IBM DB2, Oracle, MS SQL Server,
MySQL, dll
Tujuan Intruksional Umum :
Dengan mempelajari modul ini diharapkan peserta memahami konsep dasar
teknologi informasi dan menerapkannya dalam kegiatan inspeksi.
Tujuan Intruksional Khusus
Setelah mempelajari modul ini peserta diharapkan:
1. Mampu mengoperasikan komputer dan aplikasi jaringan.
2. Mampu memanfaatkan database BaLI dalam pelaksanaan kegiatan inspeksi
dan Perizinan (pra dan pasca inspeksi).
3. Mampu membuat Laporan Hasil Inspeksi dengan menggunakan database
BaLI.
SISTEM JARINGAN INTRANET/INTERNET
A. Konsep Dasar Jaringan
Network/jaringan adalah gabungan dari beberapa PC yang saling terhubung satu
sama lain menjadi satu kesatuan sistem. LAN (Local Area Network) adalah sistem
jaringan yang hanya dapat saling berhubungan secara local sering disebut
INTRANET, sedangkan WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang
terhubung melalui INTERNET. Intranet menggunakan IP Address (Internet
Protocol) local yaitu 192.168.0.0 – 10.10.0.0 dengan DNS (Domain Name
Service yang berjalan pada server local). IP address untuk WAN harus
didaftarkan kepada ISP (internet service Provider) sesuai dengan jenis
domainnya, dan alamat IP WAN dapat dikenal oleh seluruh jaringan internet
(bersifat public). Network biasanya terdiri dari server dan PC client, server
digunakan untuk mengontrol jaringan dan juga sebagi tempat menjalankan
program-program yang berbasis jaringan.
DNS (Domain Name Service) adalah nama alias alamat internet protocol (IP
Addrress) sehingga mudah diingat oleh pengguna. Misalnya IP addrress
202.46.15.117 nama DNSnya adalah www.bapeten.go.id. Satu NDS dapat
memiliki beberapa IP address ini dipergunakan oleh server-server yang besar dan
diakses oleh jutaan client misalnya www.detik.com, www.yahoo.com dll,
demikian sebaliknya satu IP addrress dapat mempunyai lebih dari satu DNS
sebagai contoh IP address BAPETEN selain www.bapeten.go.id juga dapat
diakses dengan alamat www.bapeten.org yang kalau dicek IP addrressnya akan
sama.
DNS Intranet dapat disetting/didefinisikan secara local misalnya DNS
www.bapeten.net mempunyai IP local 192.168.1.1 dengan subnet 255.255.240.0
Keuntungan Komputer terhubung dengan jaringan intranet/internet antara
lain: dapat melakukan file sharing dan printer sharing secara langsung, server
dapat menyediakan data-data yang dapat diakses oleh PC client, perpindahan
informasi dapat dilakukan secara online dan realtime dll.
Peralatan yang umum ada dalam suatu jaringan antara lain HUB yaitu perangkat
yang berguna sebagai penghubung antar client dalam satu subnet , ROUTER
adalah penghubung jaringan antar subnet misal dari LAN ke WAN, GATEWAY
adalah perangkat yang dipergunakan sebagai pengarah jika client keluar dari
subnetnya. PROXY adalah perngakat yang diperguankan sebagai pengatuir
lalulintas antar subnet, dengan proxy server administrator dapat melakukan
pengaturan Band Width, filter Content, dan pengaturan port –port yang boleh
diakses oleh client dalam jaringan.
Internet
GSI (IPTEK NET)
Other Gov. Office
DMZ Zone
Intranet
Proxy
Internet Server
Gambar 1. Jaringan BAPETEN
B. Browser Internet
Internet browser adalah perangkat lunak yang dipergunakan untuk menjalankan
program-program internet atau dikenal dengan istilah World Wide Web (www).
Contohnya yaitu: Internet explorer, Mozilla, Nescafe, Oppera dll.
Semua program yang bejalan diatas browser disebut web base program, dengan
konsep client-server artinya script program utama ada di server, jika client
mengakses program tersebut maka sebenarnya clientlah yang menjalankan sripts
program dan kemudian hasilnya ditampilkan pada layar monitor PC client.
Saat in telah berkembang program-program web base yang berbasis RDBMS
informasi yang ditampilkan sudah diolah oleh database server terlebih dahulu
kemudian hasilnya dikirim ke PC client. Dengan adanya databsae dibalik
homepage maka homepage tidak lagi menjadi statis tetapi interaktif dan lebih
komunikatif dengan client.

SISTIM INFORMASI BAPETEN

A. Bapeten Home Page dan Mail Server
Bapeten Intenet Home page berlamat http://www.bapeten.go.ida dan
www.bapeten.org, selaiin homepage Bapeten server bapeten juga mengelola
homepage ANSN (Asian Nuclear Safety Network) dengan alamat
http://ansn.bapeten.go.id. Untuk mengkases email Bapeten dapat menggunakan
alamat alamat www.bapeten.go.id/mail atau dari Menu Webmail dari home
page.
Gambar 2. Home Page www.bapeten.go.id
Gambar 3. Home Page ansn.bapeten.go.id
10
Gambar 4. Webmail Bapeten
B. Sistem Informasi Perizinan dan Inspeksi BAPETEN (B@LI’S)
B@LI’S (Bapeten Licensing and Inspection System) adalah sistem informasi
terintegrasi sebagai penunjang pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir untuk
sarana proses perizinan FRZR dan penyelanggaraan Inspeksi FRZR. Saat ini
B@LI’S versi 1.0 baru pendukung proses perizinan FRZR.
1. SPEK. TEK. UMUM:
a. Relational Database (RDBMS) multi flatform berbasis web dalam
jaringan Intranet
b. Menggunakan Sistem operasi dan perangkat lunak Open Source dengan
Lisensi GPL.
c. Frame Work Aplication Sistem yaitu sistem pengembangan database yang
terdiri dari main program dan beberapa modul yang saling terpisah.
d. Sistem:
1) Server Operating System : LINUX Mandrake
2) Web Server : Apache
3) Database Server: MySql
4) Scripting: PHP, HTML, Java
5) GIS (spatial) Server: Mapserver
11
2. FITUR UMUM B@LI’S 1.0
a. Modul terdiri atas modul Perizinan FRZR dan Pekerja Radiasi
b. Proses perizinan dari Registrasi, evaluasi, persetujuan, cetak,
pembayaran, persuratan dan laporan dalam satu sistem.
c. Dilengkapi dengan sistem aprroval (persetujuan)
d. Dilengkapai dengan Library persyaratan izin sesuai dengan jenis izin
e. Menggunakan user leveling dan pemisahan bidang kerja
f. Meggunakan Time step recording untuk mengetahui progress
permohonan izin
g. Menggunanakan dua bahasa (Indonesia dan Engslish)
h. View data dengan Grafik dan Querry
C. Penggunaa B@LI’S 1.0 dalam kegiatan Inspeksi:
Modul Inspeksi saat ini dalam pengembangan yang diperkirakan selesai akhir
tahun 2005. Modul inspeksi terdiri dari proses pra inspeksi dan pasca inspeksi,
pada pra inspeksi B@LIS menyediakan formulir inspeksi yang telah terisi datadata
dari modul perizinan. Pada pasca inspeksi B@ALIS membantu dalam
penyusunan LHI (laporan Hasil Inspeksi) sehingga data-data hasil inspeksi akan
mempunnyai format dan kualifikasi yang standar.
Walaupun modul inspeksi belum selesai para inspektur dapat menggunakan fiturfitur
modul perizinan FRZR untuk mencari dan menyediakan data-data yang
diperlukan dalam melakukan inpeksi.
Untuk dapat meggunakan B@LIS harus mempunyai username dan password
sebagai user, jika belum mempunyai silahkan menghubungi Bag. Data dan
Informasi, Biro Perencanaan. Folder link B@LIS dapat dikases dari homepage
Itranet BAPETEN atau dengan alamat www.bapeten.net/pengawasan/ pilih modul
Perizinan FRZR.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER
Definisi Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung, pada
mulanya komputer digunakan sebagai alat hitung, sehingga mesin penjumlah ataupun
kalkulator secara teknis dapat disebut sebagai komputer.

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu
melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan
instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk
memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya
secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan
menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam
memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda
tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan
informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat
menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Perkembangan Komputer

Komputer pertama yang menggunakan elektro mekanis dibuat pada 1944 oleh
Howard Aiken yang bekerja sama dengan IBM (International Business Machine)
corporation. Mesin ini dinamakan MARK 1. Baru pada 1946 dibuat komputer elektronis
pertama di University of Pennsylvania yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical
Integrator and Calculator).

Pada 1950 Dr.John Von Nueman membuat komputer dengan nama EDVAC
(Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Pada 1949 tim dari Cambridge
University membuat komputer dengan nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic
Computer). Komputer komersial pertma dijual oleh Sperry Rand Corporation pada 1949
dengan nama UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer).
Sejak tahun tersebut hingga sekarang perkembangan komputer telah begitu pesat.
Dengan diketemukannya IC (Integrated Circuit) telah membut komputer sekarang
meninggalkan komputer yang lalu. Hingga kini telah banyak produsen komputer dari
daratan Eropa, Amerika dan Asia, yaitu Jepang.
Konsep Teknologi Informasi 10
Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi
komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu
:

Generasi pertama (1946 – 1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhan dan belum kompleks
penggunaanya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalahmasalah
yang besar. Komputer generasi pertama dibuat dalam bentuk yang besar dan
lamban dalam prosesnya serta pembuatanya masih menggunakan komponen yang
besar–besar.

Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :

1. Ukuran fisiknya besar.
2. Kecepatan proses lambat.
3. Cepat panas.
4. Membutuhkan listrik yang besar.
5. Menggunakan tabung hampa udara (Vacuum Tube).
6. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
7. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
8. Menggunakan konsep Stored Program.

Contoh komputer generasi pertama :
MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704 IGM 709 (dibuat oleh IBM/International
Business Machine).
UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W.
Mauchly pada 1942. komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30
Ton

Generasi kedua (1959-1965)

Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari
komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen
dan penggunaan listrik yang lebih hebat. Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri
sbb :
1. Komponen telah menggunakan transistor
2. Ukuran fisiknya lebih kecil
3. Kecepatan prosesnya lebih cepat
4. Tidak cepat panas
5. Membutuhkan listrik lebih sedikit
Konsep Teknologi Informasi 11
6. Memori yang digunakan lebih besar
7. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (High Level Language).
8. Sudah dapat digunakan untuk real time dan time sharing.
Contoh komputer generasi kedua :
IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business
Machine).
Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh general elekric).

Generasi ketiga (1965-1970

Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen
dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu,
komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan di
letakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer
generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat
penggunaan ruang. Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sbb:
1. Komputer lebih menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “Chip”
dalam bentuk Hybird Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT). Yaitu
transistor dan dioda di letakkan secara berpisah dalam satu tempat.
2. Kecepatan prosesnya lebih cepat
3. Membutuhkan listrik lebih hemat
4. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu
karakter.
5. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu
magnetik disck yang berkapasitas besar
6. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
Contoh komputer generasi ketiga :
GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).

Generasi Keempat (1970-1995)

Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi
ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan.
Konsep Teknologi Informasi 12
Yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan. Komputer generasi
keempat mempunyai ciri-ciri sbb:
1. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration). Yaitu penggabungan beribu-ribu
IC yang didapatkan dalam satu buah chip.
2. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Larger Scale Integration) yang dapat
memuat 150.000 transistor yang didapatkan.
3. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang memuat rangkaianrangkaian
terpadu.
Contoh komputer generasi keempat :
IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business machine).
APPLE II (dibuat oleh APPLE).
Untuk komputer generasi yang akan datang, banyak menggunakan sensor-sensor
untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan komputer yang akan datang
dibuat untuk mempermudah interaksi anatara manusia dengan komputer sacara
langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam komputer. Ini dapat
terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent), yaitu suatu
peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi
sebagai obyek diluar komputer, melainkan manusia dilibatkan langsung sebagai objek
sebagai komputer.
Jenis Komputer

Komputer sebagai alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam
proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan
operasional, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya.
Komputer membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :
a. Penanganan data dalam jumlah besar, seperti perhitungan sensus dan laporan lain
dalam suatu negara. Contohnya : sensus di Amerika Serikat yang dilakukan dengan
tangan membutuhkan waktu tujuh setengah tahun. Dengan mesin tabulasi mesin
berlubang (punched card tabulating mechine) yang dibuat oleh Herman Hollerith
membutuhkan waktu dua setengah tahun, dan mesin ini dapat menghemat biaya
sebesar lima juta dollar.
b. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti perhitungan
laporan bulanan suatu perusahaan.
Konsep Teknologi Informasi 13
c. Operasional seperti tempat-tempat yang tidak dapt dijangkau manusia, seperti robot
yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau
dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
d. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan metematika yang
rumit.
Untuk lebih jelasnya tentang kegunaan komputer, komputer dibagi dalam
beberapa klasifikasi, yaitu:

Berdasarkan Jenis Data yang Diolah :

a. Komputer Analog (Analog Computer)
Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif karena komputer
ini digunakan untuk memproses data secara terus-menerus dan mengenal data
sebagai besaran fisik yang diukur secara terus-menerus. Keluaran dari
komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contoh besaran arus
listrik.
b. Komputer Digital (Digital Computer)
Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif karena komputer
ini untuk memproses discrete data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan
akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan
listrik (ON atau OFF). Keluaran dari komputer jenis ini baisa dalam bentuk
angka atau huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok
untuk aplikasi bisnis.
c. Komputer Hibrid (Hybrid Computer)
Komputer hibrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer
digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif
dan kuntitatif. Komputer hibrid lebih cepat lagi dibandingkan komputer jenis
digital.

Berdasarkan Kemampuan Komputer :

a. Small Scale Computer
Disebut small scale mainframe computer.
Kapasitas memori antara 64KB s/d 8MB.
Dapat menangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat
komputer
Konsep Teknologi Informasi 14
b. Medium Scale Computer
Disebut medium scale mainframe computer.
Kapasitas memori antara 521KB s/d 8MB
Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat
komputer
c. Large Scale Computer
Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer
Bentuknya besar
Kapasitas memori antara 521KB s/d 8MB.
Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing.

Berdasarkan Ukuran Fisik

a. Komputer mini (mini computer)
Kapasitas memori antara 8MB s/d 128MB.
Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit.
Bersifat multi user.
d. Komputer mikro (micro komputer)
Disebut personal Computer (PC).
Kapasitas memori 16KB s/d 1MB
Menggunakan register 8 bit, 16 bit, dan 32 bit.
Umumnya digunakan untuk single user.
2.3.4 Berdasarkan Bidang Masalah
a. Special purpose computer
Komputer jenis ini hanya dapat menyalesaikan satu masalah saja, sehingga
hanya program tertentu saja yang dimasukan dalam komputer ini, misal:
komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.
b. General purpose computer
Komputer jenis ini dapat menyalesaikan bermacam-macam masalah. komputer
yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang
umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk komputer untuk
pendidikan dan komputer untuk bisnis.
Konsep Teknologi Informasi 15

Mengenal Sistem Komputer

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan
informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat
keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintahperintah
untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di
dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti
apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat
berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
1. Hardware (perangkat keras)
Hardware yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer.
Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software (perangkat lunak) dan
peralatan ini berfungsi untuk menjalankan intruksi-intruksi yang diberikan dan
mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporan
dan terdiri dari: input device, process device, dan output device.
2. Software (perangkat lunak)
Software yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Perangkat lunak dijalankan
pada process device jika mendapatkan respon masukan dari input device dan hasil proses
yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output device.
Contoh: DOS, Microsoft Windows, Unix dll.
3. Brainware (perangkat pikir)
Brainware yaitu orang yang menggunakan komputer. Oramg tersebut harus
mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan
informasi. Perangkat piker sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang
dilakukan pada process device, karena komputer hanya akan bekerja jika mendapatkan
intruksi yang diberikan oleh perangkat pikir.

SOFTWARE

Software yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Perangkat lunak dijalankan
pada process device jika mendapatkan respon masukan dari input device dan hasil proses
yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output device.

Perkembangan Software

Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana
perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak.
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang
di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cara
ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut
menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
a. Bahasa generasi pertama

Pada awalnya, program yang digunakan untuk menjalankan komputer masih
menggunakan bahasa mesin (Machine Language) atau dikenal dengan generasi pertama
(First Generation Language). Contohnya perintah 1101011010010010 diartikan sebagai
perintah ADD, sedangkan urutan selanjutnya 10010010 bahasa mesin benar-benar
menggambarkan penambahan secara digital yang harus dilakukan microprocessor.
Namun penggunaan bahasa mesin ini masih membutuhkan suatu alat untuk
menerjemahkan bahasanya atau disebut juga dengan interpreter, sehingga kecepatan
eksekusinya masih sangat lamban karena sebelum melaksanakan eksekusi program
terlebih dahulu harus diterjemahkan. Bahasa mesin inilah yang disebut sebagai bahasa
tingkat rendah (Low Level Language).
b. Bahasa generasi kedua
Selain bahasa mesin, masih ada bahasa rakitan (assembly language) atau dikenal
dengan bahasa generasi kedua (second generation language). Bahasa rakitan hampir mirip
dengan bahasa mesin, hanya penulisannya sudah berupa sesuatu yang dapat dibaca,
misalnya perintah ADD 52H.
Konsep Teknologi Informasi 36
Bahasa rakitan disamakan dengan bahasa tingkat rendah karena masih
dibutuhkan suatu penerjemah untuk dapat menjalankan perintahnya atau dikenal
dengan Assembler Language.
Penggunaan bahasa tingkat rendah ini menimbulkan kesulitan bagi orang-orang
awam yang baru belajar komputer karena bahasa tingkat rendah merupakan bahasa
yang hanya dimengerti oleh komputer dan programnya itu sendiri, sehingga orangorang
awam akan mengalami kesulitan untuk mengerti bahasanya.
c. Bahasa generasi ketiga
Untuk mengulangi masalah tersebut, dibuatlah masalah tingkat tinggi (high level
language), seperti COBOL, FORTRAN, PL/1, PASCA, BASIC dan ALGOL. Program ini
disebut juga bahasa generasi ketiga (third generation language)
Pada generasi ini muncul istilah procedure oriented programming dan problem
oriented language. BASIC dan PASCAL disebut prosedur oriented karena penulisan
programnya sesuai dengan aturan yang ada. Sedangkan COBOL dan FORTRAN
termasuk kedalam problem oriented.
Sejalan dengan dibuatnya bahasa tingkat tinggi tersebut, dibuat pula sistem opersi
(operating system) untuk memudahkan orang menjalankan komputer pertama kali. Sistem
operasi yang dibuat dengan nama DOS (Disk Operating System). Seperti PC–DOS, MS–
DOS dan DR–DOS.
d. Bahasa generasi keempat
Bahasa generasi keempat (fourth generation language) atau 4GL dibuat untuk
memungkinkan seorang programmer atau pemakai menginstruksikan komputer apa
yang harus dilakukan. Bahasa generasi keempat tidak mementingkan urutan instruksi
program yang dibuat seperti pada bahasa generasi ketiga, yakni pembuatan program
yang tidak mengikuti prosedur yang berlaku atau non procedural. Pembuatan bahasa
generasi keempat ini ditujukan untuk memudahkan pengguna pada proses pengambilan
keputusan. Seperti kemudahan dalam mempelajari dan menggunakan bahasa ini.
Contoh bahasa generasi keempat antara lain : FOCUS, RPG, MANTIS, MARK V,
DYNAMO, dll.
e. Bahasa generasi kelima
Dalam beberapa buku atau literatur tidak membahas adanya generasi kelima.
Bahasa generasi kelima adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada expert system.
Expert system dibuat untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat suatu
program seperti layaknya seorang pakar sistem. Contohnya LISP dan Prolog.
Konsep Teknologi Informasi 37
4.2 Klasifikasi Software
Software (perangkat lunak) secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak
sistem dan perangkat lunak aplikasi.
4.2.1 Perangkat Lunak Sistem
Yaitu jenis software yang digunakan dan berfungsi untuk membantu
kegiatan/aktifitas suatu sistem komputer sehingga komputer dapat dioperasikan secara
optimal. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu : sistem
operasi, bahasa pemrograman, dan utility.
A. Sistem Operasi
Sistem operasi ditujukan untuk mengontrol input/output device, manajemen
penyimpanan, manajemen data, penerjemah bahasa dan pelayanan lain yang
berhubungan dengan hardware. Sistem operasi digunakan pada awal bekerjanya
komputer atau sebagai penghubung hardware dengan software.
Adapun fungsi dasar dari sistem operasi adalah:
• Menjadwalkan tugas.
• Mengelola sunberdaya perangkat lunak dan perangkat keras.
• Menjaga keamanan sistem.
• Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai.
• Menyimpan catatan pemakai.
• Menangani interrupt.
Macam-macam sistem oprasi yang dikenal hingga saat ini, antara lain:
1. DOS (Disk Operating System)
Penggunaan DOS ini sangat penting bagi perkembangan sistem operasi,karena
DOS ini sebagai cikal bakalnya sistem operasi.
DOS terbagi jadi 3 yaitu:
DR- DOS.
Sitem operasi ini dibuat oleh perusahan Digital Research pada tahun 1988. DRDOS
di buat hasil transformasi CP/M (Control Program/Monitor).
Konsep Teknologi Informasi 38
PC- DOS
Sistem operasi ini dibuat perusahaan IBM Crop. Namun dengan
dikelurkannya sistem operasi Windows, sistem ini sudah jarang atau tidak
digunakan saat ini.
MS- DOS
Sistem operasi ini dibuat oleh Microsoft Crop. Sistem operasi ini digunakan
hingga saat ini dan terus dikembangkan versinya sesuai dengan kebutuhan.
2. OS/2 (Operating System / 2)
Operating System/2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan
sistem operasi DOS. Namun penggunaan sistem operasi ini jarang digunakan
karena harganya lebih mahal dibanding sistem operasi DOS. Selain itu
pengembangan OS/2 lebih lambat dibandimgkan sistem oprasi DOS.
3. UNIX
Sistem ini pertama kali digunakan untuk komputer mini dan mainframe, kini
sudah dapat digunakan oleh komputer mikro. Sistem operasi UNIX diciptakan
oleh ahli riset Bell Laboratories, Amerika. Sistem operasi UNIX tidak sepesat
sistem operasi DOS, namun kini sistem operasi UNIX telah dikeluarkan versi
terbarunya dengan nama LINUX.
4. Microsoft Windows
Sistem operasi ini keluarkan Microsoft Corp. Tujuan awal dibuatnya sistem
operasi Windows adalah hanya untuk mengatasi masalah yang dihaapi pengguna
komputer dalam melakukan multitasking, yaitu penggunaan dua program atau
lebih secara bersamaan dan time sharing, yaitu penggunaan program komputer
secara bersamaan serta multi user, yaitu pengaturan pemakaian komputer oleh
banyak pemakai.
Namun dengan dikeluarkannya Windows 9x, tercapailah Windows sebagai
sistem operasi, karena Windows dapat bekerja tanpa bergantung dari sistem
operasi DOS.
5. Macintosh
Sistem operasi Macintosh dikeluarkan pertama kali oleh perusahaan Apple Corp.
Penggunaan sistem operasi Macintosh sangat spesifik karena tidak dapat
Konsep Teknologi Informasi 39
digunakan pada komputer PC dan hanya dapat digunakan pada komputer
Macintosh saja.
B. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format
yang dapat di jalankan komputer. Dengan adanya bahasa pemrograman ini kita
dapat membuat program-program yang lain, misalnya program penggajian
karyawan dan data mahasiswa.
Adapun bahasa pemrograman yang dikenal hingga saat ini adalah:
1. Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Contoh: Bahasa mesin dan bahasa rakitan
2. Bahasa tingkat menengah (Middle Level Language)
Contoh: Bahasa C
3. Bahasa tingkat tinggi (High Level Language)
Contoh: BASIC, COBOL, PASCAL, dll.
C. Utility
Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket
yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh
Utility adalah Norton Utility.
4.2.2 Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak
di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu
pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database
(DBASE), dan hiburan (game).
Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel
menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti
akan di berikan pada pelatihan di lab.
Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses
kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang
berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh
aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD
Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan
messenger.
Konsep Teknologi Informasi 40
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer
seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab
(pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
BRAINWARE

Brainware, merupakan tenaga (manusia) yang bertugas, mengontrol dan
bertanggung jawab dalam aktivitas (kelangsungan) pengolahan data elektronis.
Dalam suatu EDP (Electronic Data Processing) ada beberapa tenaga yang bertugas
dan berlangsung atas kelancaran dan aktivitas pengolahan data dimana tanggung jawab
dan tugas yang dibebankan kepada masing-masing personil tergantung dari jabatan dan
tingkatannya masing-masing.
5.1 Struktur Organisasi EDP
Dengan berkembangnya dunia komputer sebagai seperangkat alat yang mampu
membantu dan menggantikan tugas-tugas manusia dalam operasionil pengolahan data,
maka perlu juga dipikirkan letak organisasi yang tepat untuk menempatkan EDP dalam
suatu badan (organisasi). Organisasi EDP diletakkan dalam suatu instansi (organisasi),
harus dilihat tujuan, kegunaan, dan manfaatnya apakah dapat menunjang kebutuhankebutuhan
informasi pengolahan data elektronik.
Tujuan ditempatkannya organisasi EDP tergantung dari banyaknya faktor, antara
lain:
1. Sifat organisasi dan instansi
2. Lingkup geografis
3. Kerja yang didukung
4. Tingkat perkembangan komputerisasi
5. keinginginan pemimpin….., dll.
Berdasarkan faktor-faktor di atas inilah suatu unit EDP dapat digunakan atau
tidaknya. Jika suatu unit EDP hendak digunakan sebagai penunjang pengolahan data,
maka dapat digambarkan struktur dari organisasi EDP seperti pada gambar di bawah
ini.
Konsep Teknologi Informasi 45
Struktur Organisasi EDP
Dari bagan struktur di atas, akan di bahas sedikit tentang fungsional dari masingmasing
unit.
1. Unit Pembangunan Sistem
Unit ini merupakan inti dari suatu pusat pengolahan data elektronik, walaupun tak
bisa untuk mengabaikan unit-unit yang lainnya. Unit ini berfungsi bilamana suatu
sistem komputer yang harus dibuat. Dengan kata lain yang kerjanya membuat
software, dan juga sistem komputerisasi.
2. Unit Oprasionil
Suatu unit yang berfungsi dan bertugas mengendalikan (mengontrol) serta
mengawasi kelancaran dari suatu aktivitas komputer (pengolahan data elektronik).
Dan personil dari unit inilah yang selalu berhadapan dengan komputer dan
mengontrol aktivitas-aktivitasnya.
3. Unit Bantuan Teknik
Yaitu suatu unit yang bertanggung jawab atas perawatan perangkat-perangkat dari
komputer, baik dalam segi hardware, maupun sarana-sarana penunjangnya, (seperti,
listrik, administrasi dataBase, sarana telekomunikasi, dan sebagainya).
EDP Manager
Unit Pembangunan
Sistem
Unit Operator Unit Bantuan
Teknik
System Analyst
Programmer
DBA
Ahli Telpon
System Engineer
Ahli Listrik
Librarian
Operator
Computer Data Entry
Manager
Operator
Konsep Teknologi Informasi 46
5.2 Tugas dan Kwalifikasi Personil EDP
Dari struktur organisasi EDP yang telah digmbarkan di atas, ada beberapa
personil yang dianggap pokok dan perlu diketahui tugas dan kwalifikasinya, antara lain
operator, programmer, system programmer, system analyst dan EDP manager, jabatan-jabatan
dalam organisasi EDP tersebut merupakan jabatan yang paling popular dan dikenal
dalam suatu organisasi EDP.
1. Operator
Tugas
Melayani dan mengontrol seluruh kegiatan dan aktivitas pengolahan data,
melaksanakan pekerjaan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan.
Menyiapkan input data, serta membuat suatu kepustakaan dari seluruh file-file
yang ada.
Kwalifikasi
Telah mendapatkan pendidikan dasar komputer, atau training tentang
introduction to Computer. Mampu mengoprasikan komputer, atau sedikitnya
menguasai beberapa package software, seperti MS Word, Excel, atau jenis software
yang lainnya.
Karir
Seorang operator dapat meningkatkan dan naik dalam bidangnya (unit) sendiri,
yaitu Manager Operator. Tetapi dapat juga seorang operator naik menjadi
programmer.
2. Programmer
Tugas
Orang yang bertugas menyusun (membuat) program berdasarkan program
specification (spesifikasi program, atau system design) yang diberikan dari system
analyst. Specification ini merupakan suatu dasar dalam pembuatan data kreativitas
serta kemampuanya untuk membuat dan menuangkan spesifikasi program
tersebut kedalam bahasa pemrograman komputer, disamping itu ketelitian pun
dibutuhkan dalam pembuatan program tersebut.
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas operator, menguasai salah satu atau lebih bahasa
pemprograman tingkat tinggi (high-level language).
Karir
Seorang programmer mungkin saja menjadi system programmer atau kepala
programmer atau bahkan dapat sampai kejenjeng system analyst.
Konsep Teknologi Informasi 47
3. System Programmer
Tugas
Orang yang membantu system analyst dalam pembangunan sistem, untuk
mumbuat program aplikasi yang besar. Selain itu, seorang system programmer
dapat pula sebagai penanggung jawab atas pemeliharaan seluruh software
(program).
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas programmer, tetapi paling tidak bahasa
pemprograman yang dikuasainya lebih dari satu. Selain itu juga dibutuhkan
pengalaman-pengalaman bekerja di dalam suatu pengolahan data elektroniknya.
Karir
Seorang system programmer dapat meningkatkan karir menjadi seorang kepala unit
Bantuan teknik, kepala programmer, atau system analyst, bahkan dapat saja
menjadi seorang supervisor (staf ahli)
4. System Analyst
Tugas
Orang yang bertugas menganalisa masalah, mencari cara pemecahannya dan
memcari jalan keluarnya serta membuat sistem untuk masalah tadi.
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas programmer, paling tidak telah menyelesaikan
pendidikan jenjang Advanced Programmer. Telah mendapatkan dan menyelesaikan
pendidikan SAD (System Analyst and Design)
Karir
Seorang system analyst dapat meningkatkan karirnya menjadi supervisor (staf
ahli), atau bahkan dapat menjadi manager EDP.
5. Manager EDP
Tugas
Orang yang bertanggung jawab atas kelancara dan kelangsungan kegiatan
(aktivitas) di dalam pengolahan data elektronik (EDP).
Kwalifikasi
Menguasai bidang system analyst. Pernah mengikuti training (pendidikan)
Management Information System (MIS)
Karir
Karir dari manager EDP, dapat menjadi seorang professional consultant, dapat
sebagai pimpinan perusahaan ynag mungkin milik sendiri.
Konsep Teknologi Informasi 48
5.3 Aspek-Aspek Sistem Komputerisasi
Aspek-aspek dasar sistem komputerisasi merupakan fasilitas-fasilitas yang secara
principal harus ada apabila suatu usaha sudah memasuki langkah maju dengan
menggunakan peralatan komputer sebagai alat bantu pengolahan data atau pengolahan
informasi.
Aspek-aspek dasar yang dimaksud adalah sebagai contoh berikut:
1. Aspek Teknis :
a. Brainware (tenaga pelaksana)
b. Hardware (peralatan)
c. Software (program dan data)
2. Aspek Non Teknis
a. Dukungan Management
b. Disiplin baru
Jadi aspek-aspek dalam komputerisasi ada 5 (lima), seperti yang telah disebutkan
di atas. Dari kelima aspek ini dapat dilihat seluruh aspek tersebut vital dalam suatu
organisasi EDP. Dan antara aspek yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan
menunjang. Oleh sebab itu, jika salah satu diabaikan, maka kegiatan pengolahan data
elektronik pun tak akan berjalan seperti yang diharapkan.

konsep teknologi informasi

MAKALAH KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI



Oleh
Rangga Pramodiyo Wilantara
1014231197











AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
DIAN CIPTA CENDIKIA (DCC)
BANDAR LAMPUNG
2011


A. PENGERTIAN KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INDORMASI


Komputer.
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan
mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan
dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Sistem Komputer
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk
menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer
system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,
demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada
manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
a. SIM terutama melayani fungsi perencanaan, pengendalian, dan
pengambilan keputusan di tingkat manajemen
b. SIM merangkum dan melaporkan operasi-operasi dasar dari Unit Kerja
B. Perangkat Keras
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama,
yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang
melakukanpemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi
komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu
ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor
biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh :
jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan
pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8
detik.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi
dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM.
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program
biner secara permanen. Contoh memori sekunder : floppy, harddisk,
CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll.
3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai
penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi
menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer
untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
1) keyboard, - mouse, - touch screen, - scanner, - camera, - modem,
2) network card, - dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer
untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan :
1) Monitor, - Printer, - Speaker, - Plotter, - Modem
20 network card, - dll
C. Perangkat Lunak
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan
komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau
dengan pengguna.
Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi),
Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai
distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai
perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk,
manajemen hardisk, dll Contoh produk program utilitas : Norton Utilities,
PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi
perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan
umum, seperti :
a. pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect,
AmiPro, openoffice.org dll
b. pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
c. presentasi : MS PowerPoint, Open Presentation, dll
d. desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, GIMP, dll
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan
atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat
diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.
Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan
‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa
assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap
instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog,
Java HTML, PHP, dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti
perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan
generasi.
6. Lisensi perangkat lunak, perangkat lunak yang umum digunakan saat ini
adalah perangkat lunak berlisensi artinya jika kita menggunakan atau
menjalankan aplikasi pada flatform tertentu maka harus membayar lisensi
kepada pembuat perangkat lunak tersebut. Contoh perangkat lunak
berlisensi adalah microsoft dengan Windows dan MS Officenya. Perangkat
lunak berlisensi hanya menjual ecexutable program, source code mejadi hak
penuh pembuat program. Selain perangkat lunak berlisensi, saat ini juga
terdapat perangkat lunak yang diedarkan tanpa lisensi atau dikenal dengan
istilah GPL (General Public Lisence) yang gratis dan dapat didownload dari
internet. Dengan GPL kita dapat membuat, merubah, menjual, dan
mendistribusikan perangkat lunak tersebut tanpa harus meminta izin atau
membayar kepada pembuatnya. Perangkat lunak GPL yang meyertakan
source codenya disebut Open Source, contoh perangkat lunak open
source/GPL : LINUX, Open BSD, Free UNIX dll
7. Aplikasi Database Relasional
RDBMS (Relational Database Management System) merupakan satu paket
perangkat lunak yang menyediakan berbagai layanan untuk perancangan,
penggunaan, dan pemeliharaan basisdata relasional.
Beberapa kapabilitas umum dari produk RDBMS modern di antaranya
adalah
a. Antarmuka dengan pengguna
b. Pemeliharaan integritas basisdata
c. Pemeliharaan keamanan basisdata
d. Backup dan recovery
e. Pengendalian akses konkuren, dll
f. Contoh produk RDBMS modern : IBM DB2, Oracle, MS SQL Server,
MySQL, dll
Tujuan Intruksional Umum :
Dengan mempelajari modul ini diharapkan peserta memahami konsep dasar
teknologi informasi dan menerapkannya dalam kegiatan inspeksi.
Tujuan Intruksional Khusus
Setelah mempelajari modul ini peserta diharapkan:
1. Mampu mengoperasikan komputer dan aplikasi jaringan.
2. Mampu memanfaatkan database BaLI dalam pelaksanaan kegiatan inspeksi
dan Perizinan (pra dan pasca inspeksi).
3. Mampu membuat Laporan Hasil Inspeksi dengan menggunakan database
BaLI.
SISTEM JARINGAN INTRANET/INTERNET
A. Konsep Dasar Jaringan
Network/jaringan adalah gabungan dari beberapa PC yang saling terhubung satu
sama lain menjadi satu kesatuan sistem. LAN (Local Area Network) adalah sistem
jaringan yang hanya dapat saling berhubungan secara local sering disebut
INTRANET, sedangkan WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang
terhubung melalui INTERNET. Intranet menggunakan IP Address (Internet
Protocol) local yaitu 192.168.0.0 – 10.10.0.0 dengan DNS (Domain Name
Service yang berjalan pada server local). IP address untuk WAN harus
didaftarkan kepada ISP (internet service Provider) sesuai dengan jenis
domainnya, dan alamat IP WAN dapat dikenal oleh seluruh jaringan internet
(bersifat public). Network biasanya terdiri dari server dan PC client, server
digunakan untuk mengontrol jaringan dan juga sebagi tempat menjalankan
program-program yang berbasis jaringan.
DNS (Domain Name Service) adalah nama alias alamat internet protocol (IP
Addrress) sehingga mudah diingat oleh pengguna. Misalnya IP addrress
202.46.15.117 nama DNSnya adalah www.bapeten.go.id. Satu NDS dapat
memiliki beberapa IP address ini dipergunakan oleh server-server yang besar dan
diakses oleh jutaan client misalnya www.detik.com, www.yahoo.com dll,
demikian sebaliknya satu IP addrress dapat mempunyai lebih dari satu DNS
sebagai contoh IP address BAPETEN selain www.bapeten.go.id juga dapat
diakses dengan alamat www.bapeten.org yang kalau dicek IP addrressnya akan
sama.
DNS Intranet dapat disetting/didefinisikan secara local misalnya DNS
www.bapeten.net mempunyai IP local 192.168.1.1 dengan subnet 255.255.240.0
Keuntungan Komputer terhubung dengan jaringan intranet/internet antara
lain: dapat melakukan file sharing dan printer sharing secara langsung, server
dapat menyediakan data-data yang dapat diakses oleh PC client, perpindahan
informasi dapat dilakukan secara online dan realtime dll.
Peralatan yang umum ada dalam suatu jaringan antara lain HUB yaitu perangkat
yang berguna sebagai penghubung antar client dalam satu subnet , ROUTER
adalah penghubung jaringan antar subnet misal dari LAN ke WAN, GATEWAY
adalah perangkat yang dipergunakan sebagai pengarah jika client keluar dari
subnetnya. PROXY adalah perngakat yang diperguankan sebagai pengatuir
lalulintas antar subnet, dengan proxy server administrator dapat melakukan
pengaturan Band Width, filter Content, dan pengaturan port –port yang boleh
diakses oleh client dalam jaringan.
Internet
GSI (IPTEK NET)
Other Gov. Office
DMZ Zone
Intranet
Proxy
Internet Server
Gambar 1. Jaringan BAPETEN
B. Browser Internet
Internet browser adalah perangkat lunak yang dipergunakan untuk menjalankan
program-program internet atau dikenal dengan istilah World Wide Web (www).
Contohnya yaitu: Internet explorer, Mozilla, Nescafe, Oppera dll.
Semua program yang bejalan diatas browser disebut web base program, dengan
konsep client-server artinya script program utama ada di server, jika client
mengakses program tersebut maka sebenarnya clientlah yang menjalankan sripts
program dan kemudian hasilnya ditampilkan pada layar monitor PC client.
Saat in telah berkembang program-program web base yang berbasis RDBMS
informasi yang ditampilkan sudah diolah oleh database server terlebih dahulu
kemudian hasilnya dikirim ke PC client. Dengan adanya databsae dibalik
homepage maka homepage tidak lagi menjadi statis tetapi interaktif dan lebih
komunikatif dengan client.

SISTIM INFORMASI BAPETEN

A. Bapeten Home Page dan Mail Server
Bapeten Intenet Home page berlamat http://www.bapeten.go.ida dan
www.bapeten.org, selaiin homepage Bapeten server bapeten juga mengelola
homepage ANSN (Asian Nuclear Safety Network) dengan alamat
http://ansn.bapeten.go.id. Untuk mengkases email Bapeten dapat menggunakan
alamat alamat www.bapeten.go.id/mail atau dari Menu Webmail dari home
page.
Gambar 2. Home Page www.bapeten.go.id
Gambar 3. Home Page ansn.bapeten.go.id
10
Gambar 4. Webmail Bapeten
B. Sistem Informasi Perizinan dan Inspeksi BAPETEN (B@LI’S)
B@LI’S (Bapeten Licensing and Inspection System) adalah sistem informasi
terintegrasi sebagai penunjang pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir untuk
sarana proses perizinan FRZR dan penyelanggaraan Inspeksi FRZR. Saat ini
B@LI’S versi 1.0 baru pendukung proses perizinan FRZR.
1. SPEK. TEK. UMUM:
a. Relational Database (RDBMS) multi flatform berbasis web dalam
jaringan Intranet
b. Menggunakan Sistem operasi dan perangkat lunak Open Source dengan
Lisensi GPL.
c. Frame Work Aplication Sistem yaitu sistem pengembangan database yang
terdiri dari main program dan beberapa modul yang saling terpisah.
d. Sistem:
1) Server Operating System : LINUX Mandrake
2) Web Server : Apache
3) Database Server: MySql
4) Scripting: PHP, HTML, Java
5) GIS (spatial) Server: Mapserver
11
2. FITUR UMUM B@LI’S 1.0
a. Modul terdiri atas modul Perizinan FRZR dan Pekerja Radiasi
b. Proses perizinan dari Registrasi, evaluasi, persetujuan, cetak,
pembayaran, persuratan dan laporan dalam satu sistem.
c. Dilengkapi dengan sistem aprroval (persetujuan)
d. Dilengkapai dengan Library persyaratan izin sesuai dengan jenis izin
e. Menggunakan user leveling dan pemisahan bidang kerja
f. Meggunakan Time step recording untuk mengetahui progress
permohonan izin
g. Menggunanakan dua bahasa (Indonesia dan Engslish)
h. View data dengan Grafik dan Querry
C. Penggunaa B@LI’S 1.0 dalam kegiatan Inspeksi:
Modul Inspeksi saat ini dalam pengembangan yang diperkirakan selesai akhir
tahun 2005. Modul inspeksi terdiri dari proses pra inspeksi dan pasca inspeksi,
pada pra inspeksi B@LIS menyediakan formulir inspeksi yang telah terisi datadata
dari modul perizinan. Pada pasca inspeksi B@ALIS membantu dalam
penyusunan LHI (laporan Hasil Inspeksi) sehingga data-data hasil inspeksi akan
mempunnyai format dan kualifikasi yang standar.
Walaupun modul inspeksi belum selesai para inspektur dapat menggunakan fiturfitur
modul perizinan FRZR untuk mencari dan menyediakan data-data yang
diperlukan dalam melakukan inpeksi.
Untuk dapat meggunakan B@LIS harus mempunyai username dan password
sebagai user, jika belum mempunyai silahkan menghubungi Bag. Data dan
Informasi, Biro Perencanaan. Folder link B@LIS dapat dikases dari homepage
Itranet BAPETEN atau dengan alamat www.bapeten.net/pengawasan/ pilih modul
Perizinan FRZR.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER
Definisi Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung, pada
mulanya komputer digunakan sebagai alat hitung, sehingga mesin penjumlah ataupun
kalkulator secara teknis dapat disebut sebagai komputer.

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu
melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan
instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk
memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya
secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan
menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam
memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda
tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan
informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat
menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Perkembangan Komputer

Komputer pertama yang menggunakan elektro mekanis dibuat pada 1944 oleh
Howard Aiken yang bekerja sama dengan IBM (International Business Machine)
corporation. Mesin ini dinamakan MARK 1. Baru pada 1946 dibuat komputer elektronis
pertama di University of Pennsylvania yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical
Integrator and Calculator).

Pada 1950 Dr.John Von Nueman membuat komputer dengan nama EDVAC
(Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Pada 1949 tim dari Cambridge
University membuat komputer dengan nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic
Computer). Komputer komersial pertma dijual oleh Sperry Rand Corporation pada 1949
dengan nama UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer).
Sejak tahun tersebut hingga sekarang perkembangan komputer telah begitu pesat.
Dengan diketemukannya IC (Integrated Circuit) telah membut komputer sekarang
meninggalkan komputer yang lalu. Hingga kini telah banyak produsen komputer dari
daratan Eropa, Amerika dan Asia, yaitu Jepang.
Konsep Teknologi Informasi 10
Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi
komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu
:

Generasi pertama (1946 – 1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhan dan belum kompleks
penggunaanya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalahmasalah
yang besar. Komputer generasi pertama dibuat dalam bentuk yang besar dan
lamban dalam prosesnya serta pembuatanya masih menggunakan komponen yang
besar–besar.

Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :

1. Ukuran fisiknya besar.
2. Kecepatan proses lambat.
3. Cepat panas.
4. Membutuhkan listrik yang besar.
5. Menggunakan tabung hampa udara (Vacuum Tube).
6. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
7. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
8. Menggunakan konsep Stored Program.

Contoh komputer generasi pertama :
MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704 IGM 709 (dibuat oleh IBM/International
Business Machine).
UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W.
Mauchly pada 1942. komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30
Ton

Generasi kedua (1959-1965)

Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari
komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen
dan penggunaan listrik yang lebih hebat. Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri
sbb :
1. Komponen telah menggunakan transistor
2. Ukuran fisiknya lebih kecil
3. Kecepatan prosesnya lebih cepat
4. Tidak cepat panas
5. Membutuhkan listrik lebih sedikit
Konsep Teknologi Informasi 11
6. Memori yang digunakan lebih besar
7. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (High Level Language).
8. Sudah dapat digunakan untuk real time dan time sharing.
Contoh komputer generasi kedua :
IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business
Machine).
Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh general elekric).

Generasi ketiga (1965-1970

Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen
dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu,
komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan di
letakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer
generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat
penggunaan ruang. Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sbb:
1. Komputer lebih menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “Chip”
dalam bentuk Hybird Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT). Yaitu
transistor dan dioda di letakkan secara berpisah dalam satu tempat.
2. Kecepatan prosesnya lebih cepat
3. Membutuhkan listrik lebih hemat
4. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu
karakter.
5. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu
magnetik disck yang berkapasitas besar
6. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
Contoh komputer generasi ketiga :
GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).

Generasi Keempat (1970-1995)

Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi
ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan.
Konsep Teknologi Informasi 12
Yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan. Komputer generasi
keempat mempunyai ciri-ciri sbb:
1. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration). Yaitu penggabungan beribu-ribu
IC yang didapatkan dalam satu buah chip.
2. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Larger Scale Integration) yang dapat
memuat 150.000 transistor yang didapatkan.
3. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang memuat rangkaianrangkaian
terpadu.
Contoh komputer generasi keempat :
IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business machine).
APPLE II (dibuat oleh APPLE).
Untuk komputer generasi yang akan datang, banyak menggunakan sensor-sensor
untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan komputer yang akan datang
dibuat untuk mempermudah interaksi anatara manusia dengan komputer sacara
langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam komputer. Ini dapat
terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent), yaitu suatu
peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi
sebagai obyek diluar komputer, melainkan manusia dilibatkan langsung sebagai objek
sebagai komputer.
Jenis Komputer

Komputer sebagai alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam
proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan
operasional, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya.
Komputer membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :
a. Penanganan data dalam jumlah besar, seperti perhitungan sensus dan laporan lain
dalam suatu negara. Contohnya : sensus di Amerika Serikat yang dilakukan dengan
tangan membutuhkan waktu tujuh setengah tahun. Dengan mesin tabulasi mesin
berlubang (punched card tabulating mechine) yang dibuat oleh Herman Hollerith
membutuhkan waktu dua setengah tahun, dan mesin ini dapat menghemat biaya
sebesar lima juta dollar.
b. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti perhitungan
laporan bulanan suatu perusahaan.
Konsep Teknologi Informasi 13
c. Operasional seperti tempat-tempat yang tidak dapt dijangkau manusia, seperti robot
yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau
dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
d. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan metematika yang
rumit.
Untuk lebih jelasnya tentang kegunaan komputer, komputer dibagi dalam
beberapa klasifikasi, yaitu:

Berdasarkan Jenis Data yang Diolah :

a. Komputer Analog (Analog Computer)
Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif karena komputer
ini digunakan untuk memproses data secara terus-menerus dan mengenal data
sebagai besaran fisik yang diukur secara terus-menerus. Keluaran dari
komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contoh besaran arus
listrik.
b. Komputer Digital (Digital Computer)
Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif karena komputer
ini untuk memproses discrete data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan
akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan
listrik (ON atau OFF). Keluaran dari komputer jenis ini baisa dalam bentuk
angka atau huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok
untuk aplikasi bisnis.
c. Komputer Hibrid (Hybrid Computer)
Komputer hibrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer
digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif
dan kuntitatif. Komputer hibrid lebih cepat lagi dibandingkan komputer jenis
digital.

Berdasarkan Kemampuan Komputer :

a. Small Scale Computer
Disebut small scale mainframe computer.
Kapasitas memori antara 64KB s/d 8MB.
Dapat menangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat
komputer
Konsep Teknologi Informasi 14
b. Medium Scale Computer
Disebut medium scale mainframe computer.
Kapasitas memori antara 521KB s/d 8MB
Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat
komputer
c. Large Scale Computer
Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer
Bentuknya besar
Kapasitas memori antara 521KB s/d 8MB.
Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing.

Berdasarkan Ukuran Fisik

a. Komputer mini (mini computer)
Kapasitas memori antara 8MB s/d 128MB.
Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit.
Bersifat multi user.
d. Komputer mikro (micro komputer)
Disebut personal Computer (PC).
Kapasitas memori 16KB s/d 1MB
Menggunakan register 8 bit, 16 bit, dan 32 bit.
Umumnya digunakan untuk single user.
2.3.4 Berdasarkan Bidang Masalah
a. Special purpose computer
Komputer jenis ini hanya dapat menyalesaikan satu masalah saja, sehingga
hanya program tertentu saja yang dimasukan dalam komputer ini, misal:
komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.
b. General purpose computer
Komputer jenis ini dapat menyalesaikan bermacam-macam masalah. komputer
yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang
umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk komputer untuk
pendidikan dan komputer untuk bisnis.
Konsep Teknologi Informasi 15

Mengenal Sistem Komputer

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan
informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat
keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintahperintah
untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di
dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti
apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat
berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
1. Hardware (perangkat keras)
Hardware yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer.
Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software (perangkat lunak) dan
peralatan ini berfungsi untuk menjalankan intruksi-intruksi yang diberikan dan
mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporan
dan terdiri dari: input device, process device, dan output device.
2. Software (perangkat lunak)
Software yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Perangkat lunak dijalankan
pada process device jika mendapatkan respon masukan dari input device dan hasil proses
yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output device.
Contoh: DOS, Microsoft Windows, Unix dll.
3. Brainware (perangkat pikir)
Brainware yaitu orang yang menggunakan komputer. Oramg tersebut harus
mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan
informasi. Perangkat piker sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang
dilakukan pada process device, karena komputer hanya akan bekerja jika mendapatkan
intruksi yang diberikan oleh perangkat pikir.

SOFTWARE

Software yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Perangkat lunak dijalankan
pada process device jika mendapatkan respon masukan dari input device dan hasil proses
yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output device.

Perkembangan Software

Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana
perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak.
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang
di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cara
ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut
menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
a. Bahasa generasi pertama

Pada awalnya, program yang digunakan untuk menjalankan komputer masih
menggunakan bahasa mesin (Machine Language) atau dikenal dengan generasi pertama
(First Generation Language). Contohnya perintah 1101011010010010 diartikan sebagai
perintah ADD, sedangkan urutan selanjutnya 10010010 bahasa mesin benar-benar
menggambarkan penambahan secara digital yang harus dilakukan microprocessor.
Namun penggunaan bahasa mesin ini masih membutuhkan suatu alat untuk
menerjemahkan bahasanya atau disebut juga dengan interpreter, sehingga kecepatan
eksekusinya masih sangat lamban karena sebelum melaksanakan eksekusi program
terlebih dahulu harus diterjemahkan. Bahasa mesin inilah yang disebut sebagai bahasa
tingkat rendah (Low Level Language).
b. Bahasa generasi kedua
Selain bahasa mesin, masih ada bahasa rakitan (assembly language) atau dikenal
dengan bahasa generasi kedua (second generation language). Bahasa rakitan hampir mirip
dengan bahasa mesin, hanya penulisannya sudah berupa sesuatu yang dapat dibaca,
misalnya perintah ADD 52H.
Konsep Teknologi Informasi 36
Bahasa rakitan disamakan dengan bahasa tingkat rendah karena masih
dibutuhkan suatu penerjemah untuk dapat menjalankan perintahnya atau dikenal
dengan Assembler Language.
Penggunaan bahasa tingkat rendah ini menimbulkan kesulitan bagi orang-orang
awam yang baru belajar komputer karena bahasa tingkat rendah merupakan bahasa
yang hanya dimengerti oleh komputer dan programnya itu sendiri, sehingga orangorang
awam akan mengalami kesulitan untuk mengerti bahasanya.
c. Bahasa generasi ketiga
Untuk mengulangi masalah tersebut, dibuatlah masalah tingkat tinggi (high level
language), seperti COBOL, FORTRAN, PL/1, PASCA, BASIC dan ALGOL. Program ini
disebut juga bahasa generasi ketiga (third generation language)
Pada generasi ini muncul istilah procedure oriented programming dan problem
oriented language. BASIC dan PASCAL disebut prosedur oriented karena penulisan
programnya sesuai dengan aturan yang ada. Sedangkan COBOL dan FORTRAN
termasuk kedalam problem oriented.
Sejalan dengan dibuatnya bahasa tingkat tinggi tersebut, dibuat pula sistem opersi
(operating system) untuk memudahkan orang menjalankan komputer pertama kali. Sistem
operasi yang dibuat dengan nama DOS (Disk Operating System). Seperti PC–DOS, MS–
DOS dan DR–DOS.
d. Bahasa generasi keempat
Bahasa generasi keempat (fourth generation language) atau 4GL dibuat untuk
memungkinkan seorang programmer atau pemakai menginstruksikan komputer apa
yang harus dilakukan. Bahasa generasi keempat tidak mementingkan urutan instruksi
program yang dibuat seperti pada bahasa generasi ketiga, yakni pembuatan program
yang tidak mengikuti prosedur yang berlaku atau non procedural. Pembuatan bahasa
generasi keempat ini ditujukan untuk memudahkan pengguna pada proses pengambilan
keputusan. Seperti kemudahan dalam mempelajari dan menggunakan bahasa ini.
Contoh bahasa generasi keempat antara lain : FOCUS, RPG, MANTIS, MARK V,
DYNAMO, dll.
e. Bahasa generasi kelima
Dalam beberapa buku atau literatur tidak membahas adanya generasi kelima.
Bahasa generasi kelima adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada expert system.
Expert system dibuat untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat suatu
program seperti layaknya seorang pakar sistem. Contohnya LISP dan Prolog.
Konsep Teknologi Informasi 37
4.2 Klasifikasi Software
Software (perangkat lunak) secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak
sistem dan perangkat lunak aplikasi.
4.2.1 Perangkat Lunak Sistem
Yaitu jenis software yang digunakan dan berfungsi untuk membantu
kegiatan/aktifitas suatu sistem komputer sehingga komputer dapat dioperasikan secara
optimal. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu : sistem
operasi, bahasa pemrograman, dan utility.
A. Sistem Operasi
Sistem operasi ditujukan untuk mengontrol input/output device, manajemen
penyimpanan, manajemen data, penerjemah bahasa dan pelayanan lain yang
berhubungan dengan hardware. Sistem operasi digunakan pada awal bekerjanya
komputer atau sebagai penghubung hardware dengan software.
Adapun fungsi dasar dari sistem operasi adalah:
• Menjadwalkan tugas.
• Mengelola sunberdaya perangkat lunak dan perangkat keras.
• Menjaga keamanan sistem.
• Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai.
• Menyimpan catatan pemakai.
• Menangani interrupt.
Macam-macam sistem oprasi yang dikenal hingga saat ini, antara lain:
1. DOS (Disk Operating System)
Penggunaan DOS ini sangat penting bagi perkembangan sistem operasi,karena
DOS ini sebagai cikal bakalnya sistem operasi.
DOS terbagi jadi 3 yaitu:
DR- DOS.
Sitem operasi ini dibuat oleh perusahan Digital Research pada tahun 1988. DRDOS
di buat hasil transformasi CP/M (Control Program/Monitor).
Konsep Teknologi Informasi 38
PC- DOS
Sistem operasi ini dibuat perusahaan IBM Crop. Namun dengan
dikelurkannya sistem operasi Windows, sistem ini sudah jarang atau tidak
digunakan saat ini.
MS- DOS
Sistem operasi ini dibuat oleh Microsoft Crop. Sistem operasi ini digunakan
hingga saat ini dan terus dikembangkan versinya sesuai dengan kebutuhan.
2. OS/2 (Operating System / 2)
Operating System/2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan
sistem operasi DOS. Namun penggunaan sistem operasi ini jarang digunakan
karena harganya lebih mahal dibanding sistem operasi DOS. Selain itu
pengembangan OS/2 lebih lambat dibandimgkan sistem oprasi DOS.
3. UNIX
Sistem ini pertama kali digunakan untuk komputer mini dan mainframe, kini
sudah dapat digunakan oleh komputer mikro. Sistem operasi UNIX diciptakan
oleh ahli riset Bell Laboratories, Amerika. Sistem operasi UNIX tidak sepesat
sistem operasi DOS, namun kini sistem operasi UNIX telah dikeluarkan versi
terbarunya dengan nama LINUX.
4. Microsoft Windows
Sistem operasi ini keluarkan Microsoft Corp. Tujuan awal dibuatnya sistem
operasi Windows adalah hanya untuk mengatasi masalah yang dihaapi pengguna
komputer dalam melakukan multitasking, yaitu penggunaan dua program atau
lebih secara bersamaan dan time sharing, yaitu penggunaan program komputer
secara bersamaan serta multi user, yaitu pengaturan pemakaian komputer oleh
banyak pemakai.
Namun dengan dikeluarkannya Windows 9x, tercapailah Windows sebagai
sistem operasi, karena Windows dapat bekerja tanpa bergantung dari sistem
operasi DOS.
5. Macintosh
Sistem operasi Macintosh dikeluarkan pertama kali oleh perusahaan Apple Corp.
Penggunaan sistem operasi Macintosh sangat spesifik karena tidak dapat
Konsep Teknologi Informasi 39
digunakan pada komputer PC dan hanya dapat digunakan pada komputer
Macintosh saja.
B. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format
yang dapat di jalankan komputer. Dengan adanya bahasa pemrograman ini kita
dapat membuat program-program yang lain, misalnya program penggajian
karyawan dan data mahasiswa.
Adapun bahasa pemrograman yang dikenal hingga saat ini adalah:
1. Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Contoh: Bahasa mesin dan bahasa rakitan
2. Bahasa tingkat menengah (Middle Level Language)
Contoh: Bahasa C
3. Bahasa tingkat tinggi (High Level Language)
Contoh: BASIC, COBOL, PASCAL, dll.
C. Utility
Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket
yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh
Utility adalah Norton Utility.
4.2.2 Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak
di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu
pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database
(DBASE), dan hiburan (game).
Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel
menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti
akan di berikan pada pelatihan di lab.
Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses
kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang
berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh
aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD
Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan
messenger.
Konsep Teknologi Informasi 40
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer
seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab
(pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
BRAINWARE

Brainware, merupakan tenaga (manusia) yang bertugas, mengontrol dan
bertanggung jawab dalam aktivitas (kelangsungan) pengolahan data elektronis.
Dalam suatu EDP (Electronic Data Processing) ada beberapa tenaga yang bertugas
dan berlangsung atas kelancaran dan aktivitas pengolahan data dimana tanggung jawab
dan tugas yang dibebankan kepada masing-masing personil tergantung dari jabatan dan
tingkatannya masing-masing.
5.1 Struktur Organisasi EDP
Dengan berkembangnya dunia komputer sebagai seperangkat alat yang mampu
membantu dan menggantikan tugas-tugas manusia dalam operasionil pengolahan data,
maka perlu juga dipikirkan letak organisasi yang tepat untuk menempatkan EDP dalam
suatu badan (organisasi). Organisasi EDP diletakkan dalam suatu instansi (organisasi),
harus dilihat tujuan, kegunaan, dan manfaatnya apakah dapat menunjang kebutuhankebutuhan
informasi pengolahan data elektronik.
Tujuan ditempatkannya organisasi EDP tergantung dari banyaknya faktor, antara
lain:
1. Sifat organisasi dan instansi
2. Lingkup geografis
3. Kerja yang didukung
4. Tingkat perkembangan komputerisasi
5. keinginginan pemimpin….., dll.
Berdasarkan faktor-faktor di atas inilah suatu unit EDP dapat digunakan atau
tidaknya. Jika suatu unit EDP hendak digunakan sebagai penunjang pengolahan data,
maka dapat digambarkan struktur dari organisasi EDP seperti pada gambar di bawah
ini.
Konsep Teknologi Informasi 45
Struktur Organisasi EDP
Dari bagan struktur di atas, akan di bahas sedikit tentang fungsional dari masingmasing
unit.
1. Unit Pembangunan Sistem
Unit ini merupakan inti dari suatu pusat pengolahan data elektronik, walaupun tak
bisa untuk mengabaikan unit-unit yang lainnya. Unit ini berfungsi bilamana suatu
sistem komputer yang harus dibuat. Dengan kata lain yang kerjanya membuat
software, dan juga sistem komputerisasi.
2. Unit Oprasionil
Suatu unit yang berfungsi dan bertugas mengendalikan (mengontrol) serta
mengawasi kelancaran dari suatu aktivitas komputer (pengolahan data elektronik).
Dan personil dari unit inilah yang selalu berhadapan dengan komputer dan
mengontrol aktivitas-aktivitasnya.
3. Unit Bantuan Teknik
Yaitu suatu unit yang bertanggung jawab atas perawatan perangkat-perangkat dari
komputer, baik dalam segi hardware, maupun sarana-sarana penunjangnya, (seperti,
listrik, administrasi dataBase, sarana telekomunikasi, dan sebagainya).
EDP Manager
Unit Pembangunan
Sistem
Unit Operator Unit Bantuan
Teknik
System Analyst
Programmer
DBA
Ahli Telpon
System Engineer
Ahli Listrik
Librarian
Operator
Computer Data Entry
Manager
Operator
Konsep Teknologi Informasi 46
5.2 Tugas dan Kwalifikasi Personil EDP
Dari struktur organisasi EDP yang telah digmbarkan di atas, ada beberapa
personil yang dianggap pokok dan perlu diketahui tugas dan kwalifikasinya, antara lain
operator, programmer, system programmer, system analyst dan EDP manager, jabatan-jabatan
dalam organisasi EDP tersebut merupakan jabatan yang paling popular dan dikenal
dalam suatu organisasi EDP.
1. Operator
Tugas
Melayani dan mengontrol seluruh kegiatan dan aktivitas pengolahan data,
melaksanakan pekerjaan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan.
Menyiapkan input data, serta membuat suatu kepustakaan dari seluruh file-file
yang ada.
Kwalifikasi
Telah mendapatkan pendidikan dasar komputer, atau training tentang
introduction to Computer. Mampu mengoprasikan komputer, atau sedikitnya
menguasai beberapa package software, seperti MS Word, Excel, atau jenis software
yang lainnya.
Karir
Seorang operator dapat meningkatkan dan naik dalam bidangnya (unit) sendiri,
yaitu Manager Operator. Tetapi dapat juga seorang operator naik menjadi
programmer.
2. Programmer
Tugas
Orang yang bertugas menyusun (membuat) program berdasarkan program
specification (spesifikasi program, atau system design) yang diberikan dari system
analyst. Specification ini merupakan suatu dasar dalam pembuatan data kreativitas
serta kemampuanya untuk membuat dan menuangkan spesifikasi program
tersebut kedalam bahasa pemrograman komputer, disamping itu ketelitian pun
dibutuhkan dalam pembuatan program tersebut.
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas operator, menguasai salah satu atau lebih bahasa
pemprograman tingkat tinggi (high-level language).
Karir
Seorang programmer mungkin saja menjadi system programmer atau kepala
programmer atau bahkan dapat sampai kejenjeng system analyst.
Konsep Teknologi Informasi 47
3. System Programmer
Tugas
Orang yang membantu system analyst dalam pembangunan sistem, untuk
mumbuat program aplikasi yang besar. Selain itu, seorang system programmer
dapat pula sebagai penanggung jawab atas pemeliharaan seluruh software
(program).
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas programmer, tetapi paling tidak bahasa
pemprograman yang dikuasainya lebih dari satu. Selain itu juga dibutuhkan
pengalaman-pengalaman bekerja di dalam suatu pengolahan data elektroniknya.
Karir
Seorang system programmer dapat meningkatkan karir menjadi seorang kepala unit
Bantuan teknik, kepala programmer, atau system analyst, bahkan dapat saja
menjadi seorang supervisor (staf ahli)
4. System Analyst
Tugas
Orang yang bertugas menganalisa masalah, mencari cara pemecahannya dan
memcari jalan keluarnya serta membuat sistem untuk masalah tadi.
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas programmer, paling tidak telah menyelesaikan
pendidikan jenjang Advanced Programmer. Telah mendapatkan dan menyelesaikan
pendidikan SAD (System Analyst and Design)
Karir
Seorang system analyst dapat meningkatkan karirnya menjadi supervisor (staf
ahli), atau bahkan dapat menjadi manager EDP.
5. Manager EDP
Tugas
Orang yang bertanggung jawab atas kelancara dan kelangsungan kegiatan
(aktivitas) di dalam pengolahan data elektronik (EDP).
Kwalifikasi
Menguasai bidang system analyst. Pernah mengikuti training (pendidikan)
Management Information System (MIS)
Karir
Karir dari manager EDP, dapat menjadi seorang professional consultant, dapat
sebagai pimpinan perusahaan ynag mungkin milik sendiri.
Konsep Teknologi Informasi 48
5.3 Aspek-Aspek Sistem Komputerisasi
Aspek-aspek dasar sistem komputerisasi merupakan fasilitas-fasilitas yang secara
principal harus ada apabila suatu usaha sudah memasuki langkah maju dengan
menggunakan peralatan komputer sebagai alat bantu pengolahan data atau pengolahan
informasi.
Aspek-aspek dasar yang dimaksud adalah sebagai contoh berikut:
1. Aspek Teknis :
a. Brainware (tenaga pelaksana)
b. Hardware (peralatan)
c. Software (program dan data)
2. Aspek Non Teknis
a. Dukungan Management
b. Disiplin baru
Jadi aspek-aspek dalam komputerisasi ada 5 (lima), seperti yang telah disebutkan
di atas. Dari kelima aspek ini dapat dilihat seluruh aspek tersebut vital dalam suatu
organisasi EDP. Dan antara aspek yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan
menunjang. Oleh sebab itu, jika salah satu diabaikan, maka kegiatan pengolahan data
elektronik pun tak akan berjalan seperti yang diharapkan.

Jumat, 16 Desember 2011

forum

Teknologi N Informasi
<script src="http://teknologi-n-informasi.2312597.n4.nabble.com/embed/f4179138"></script>

Jumat, 09 Desember 2011

cara membuat forum di blog

tips seoprienli

Click here to find out more!

Business process management

GE's journey from waterfall to Agile practices

General Electric Co. turned to Agile practices to revamp software development in its Energy division. Now Agile is making its way across the company.
  • business process automation (BPA)

    Business process automation (BPA) is the technology-enabled automation of activities or services that accomplish a specific function or workflow. 
  • business process transformation

    Business process transformation (BPT) is an effort to significantly improve the actions required to accomplish an organizational goal. 
  • Project Management Office (PMO)

    PMO (Project Management Office) is a group or department within a business, agency, or enterprise that defines and maintains standards for project management within the organization... (Continued) 
  • video resume

    A video resume is a brief account of a job applicant's professional experience, qualifications and interests, submitted to a prospective employer in video form.(Continued...) 
  • C-level

     
  • CKO (Chief Knowledge Officer)

    Chief Knowledge Officer (CKO) is a corporate title for the person responsible overseeing knowledge management within an organization. (Continued) 
  • work breakdown structure (WBS)

    A work breakdown structure (WBS) is a chart in which the critical work elements, called tasks, of a project are illustrated to portray their relationships to each other and to the project as a whole... (Continued) 
  • emotional intelligence (EI)

    Emotional intelligence (EI) is the area of cognitive ability involving traits and social skills that facilitate interpersonal behavior... (Continued) 
  • SKIL Bill (Securing Knowledge, Innovation and Leadership Act)

    The Securing Knowledge, Innovation and Leadership Act, also called the SKIL Bill, was introduced in 2006 by the United States (U.S.) Congress with the intent of encouraging the immigration of people with certain professional skills into the U.S... (C... 
  • ISO 20000

    ISO 20000 is a global standard that describes the requirements for an information technology service management (ISM) system. While ISO 20000 was developed to mirror the best practices described within the IT Infrastructure Library (ITIL)...(Continue... 
  • See More: Definitions on Business process management
About Business process management
Business process management (BPM) is a systematic approach to improving an organization's business processes. CIOs use BPM techniques to create more efficient business processes that will lead to long-term success. Find the latest information on business process management systems, BPM strategy and more, with the news, tips and other resources in this topic section.

Ads by Google

More from Related TechTarget Sites
All Rights Reserved, Copyright 2007 - 2011, TechTarget

Template by : kendhin x-template.blogspot.com