Rabu, 11 Januari 2012

PANDANGAN AGAMA TERHADAP NARKOBA

idalam pandangan Agama narkoba adalah barang yang merusakakal pikiran, ingatan, hati, jiwa, mental dan kesehatan fisik seperti halnyakhomar. Oleh karena itu maka Narkoba juga termasuk dalam kategoriyang diharamkan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT,Hadits Rasulullah SAW dan juga ajaran-ajaraan agama lainnya, antaralain sebagai berikut :
1.“Janganlah kamu jerumuskan dirimu kepada kecelakaan / kebiasaan(sebagai akibat tangan) tangan-tanganmu”. (Q.S. Al-Baqarah : 195).
2.“Dan Janganlah kamu membunuh dirimu (dengan mencapai sesuatuyang membahayakanmu). Karena sesungguhnya Allah Maha KasihSayang kepadamu”. (Q.S. An-Nisa’ : 29).
3.Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya ( meminum ) Khamar,( berkorban ) untuk Berhala, mengundi nasib dengan panah adalahperbuatan syaitan, maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamumendapatkan keberuntungan. (Q.S. Al-Maidah : 90).
4.“Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkanpermusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran ( minuman )Khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingatAllah dan sholat, maka berhentilah kamu ( dari mengerjakan pekerjaanitu )”. (Q. S. Al-Maidah : 91).
5.“Mereka bertanya kepadamu tentang Khomar dan Judi, katakanlahpada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagimanusia, tetapi dosa keduanya lebih besar daripada manfaatnya”.(Q.S. Al-Baqarah : 219).
6.“Melarang Rasulullah SAW daripada tiap-tiap barang yangmemabukkan dan melemahkan akal dan badan”. (H.R. Ahmad).
7.“Tiap-tiap barang yang memabukkan adalah haram”. (H.R. Bukharidan Muslim).
8.“Setiap benda yang memabukkan banyaknya maka sedikitnya haram”.(H.R. Ahmad, Abu Daud, Turmuzi, Nasa’I, Ibnu Majah dan IbnuHibban).
9.Dalam ajaran Kristen disebutkan, “Saudara-Saudaraku yang kekasih,karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikandiri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani dan dengandemikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah”(2 Korintus 7 ayat 1).
10.Dalam ajaran Katolik disebutkan, “Tuhan tidak mengehndaki kematian,tetapi pertobatan hidup, kepada orang-orang yang sedang mengalamidrama kecanduan dan menderita kemalangan”. Yeh. 18 : 23).
11.Dalam ajarn agama Buddha disebutkan, “Kami bertekad akan melatihdiri, menghindari segala minuman keras, yang menyebabkanlemahnya kesadaran kami”. (Pancasila Buddhis, Sila Kelima).
12.Sebab yang disebut kematian, segala macam penyakit itu merupakanpengemudinya, yang menyebabkan hidup itu berkurang, jika sudahkurang usia hidup datanglah maut, karena itu jangan lupa supayadiusahakan berbuat baik yang akan mengantarkanmu ke asalmulamu” (Sloka Sarasamuccaya).

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com